Vaksin Sputnik V Efektif 92 Persen, 1,5 Juta Orang Rusia Akan Divaksin

Vaksin Sputnik V bikinan Rusia disampaikan 92 % efisien. Lebih dari 1,5 juta orang diprediksikan akan divaksin sampai akhir 2020.

Hal tersebut dipublikasikan di Twitter oleh Russian Direct Investment Fund (RDIF).

Berdasar laporan Russian News Agen, Rabu (12/11/2020), vaksin Sputnik V efisien berdasar 20 masalah COVID-19 yang diketemukan dari 40 ribu sukarelawan.

Informasi RDIF tampil habis vaksin Pfizer umumkan, vaksin COVID-19 mereka efisien sampai 90 %. Tetapi, jumlah masalah COVID-19 yang ditelaah oleh Pfizer semakin banyak daripada Sputnik V.

Vaksin Sputnik V sekarang ini ada dalam tes medis Babak 3, sama dengan vaksin Pfizer, Sinovac, serta Oxford-AstraZeneca. Beberapa sukarelawan terjebak dalam tes acak buta ganda (double blind randomized) yang termonitor vaksin plasebo.

Per 11 November, ada 29 pusat klinis di Rusia yang lakukan tes vaksin Sputnik V. Ada lebih dari 20 sukarelawan yang mendapatkan dosin pertama vaksin, serta ada 16 ribu orang yang mendapatkan jumlah pertama serta ke-2 .

Medium Rusia menyebutkan tidak ada efek jelek yang diketahui selama ini. Efek yang berlangsung berjangka pendek seperti merasa sakit, tanda-tanda flu, lemas, serta pusing.

Anak wanita Presiden Vladimir Putin juga coba vaksinnya. Pengamatan untuk sukarelawan vaksin Sputnik V akan dikerjakan sepanjang enam bulan saat sebelum laporan final dipersiapkan.

Sampai sekarang, lebih dari 1,2 miliar jumlah Sputnik V diminta oleh lebih dari 50 negara. Vaksinnya akan dibuat oleh partner RDIF di India, Brasil, Cina, Korea Selatan, serta beberapa negara lain.

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia berbicara ketarik bekerja dengan BUMN farmasi di Indonesia berkaitan vaksin ini.

Vaksin Sputnik V jadi vaksin COVID-19 pertama di dunia yang diregister. Vaksin ini ditingkatkan oleh Gamaleye National Research Center.

Direktur Gamaleya, Alexander Ginstburg, berbicara tahun ini bakal ada 1,5 juta orang yang divaksin. Penyuntikan untuk dunia profesional telah dikerjakan untuk petugas kesehatan.

“Minimal 1,5 juta orang akan divaksinasi tahun ini, seta beberapa puluh ribu orang sudah divaksin atas konsep profesional,” katanya.

Gintsburg berbicara seputar 200 ribu vaksin aka dibuat pada November, serta 1,5 juta di Desember.

Pada April 2021, Rusia menargetkan menghasilkan enam juta jumlah vaksin setiap bulan.

Staff Spesial Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan, vaksin corona (Covid-19) dari Sinovac Biotech, China, telah datang di Indonesia. Sekarang ini, vaksin itu sedang jalani proses tes medis step 3 di Bio Farma.

error: Content is protected !!