Tuduh Perusahaan Asing Tak Taat Pajak, Menkominfo Vietnam Sebut Ada Persaingan Tak Adil

Pemerintahan Vietnam mendakwa perusahaan Netflix serta Apple TV berbohong dalam tanggung jawab pajak mereka. Perlakuan Netflix serta Apple TV dikhawatiran membuat kompetisi yang tidak sehat.

Disampaikan CNBC, Rabu (11/11/2020), beberapa perusahaan streaming mengantongi untung sampai 1 triliun dong. Keuntungan itu berawal dari 1 juta konsumen setia di Vietnam.

“Perusahaan lokal harus mematuhi pajak serta peraturan content sesaat perusahaan asing tidak begitu, itu ialah kompetisi tidak adil,” tutur menteri info serta komunikasi Vietnam, Nguyen Manh Hung.

Netflix telah populer dengan service streaming di beberapa negara, terhitung Indonesia. Apple baru mengeluarkan service Apple TV pada 2019.

Walau tidak menyebutkan sensor, pemerintahan Vietnam mengatakan beberapa content Netflix menyalahi peraturan berkaitan riwayat, kedaulatan negara, kekerasan, narkoba, serta sex.

Netflix disuruh tidak untuk menyiarkan film Full Metal Jacket, tetapi keinginan itu ditampik. Full Metal Jacket ialah film garapan Stanley Kurbick yang mempunyai latar Perang Vietnam.

Vietnam telah mempunyai hukum keamanan cyber yang mewajibkan bisnis-bisnis asing yang raih untung dari rutinitas online di Vietnam, dan menyerahkan datanya dalam negeri.

Sekarang ini, Netflix belum punyai gagasan untuk mempunyai server lokal atau buka kantor di Vietnam. Netflix berbicara siap untuk selalu berbicara dengan pemerintahan.

Saat itu, tidak ada respon dari faksi Apple berkaitan ini.

Pemerintahan Vietnam akan memberikan fasilitas pengambilan pajak untuk service streaming asing dengan menghitung keuntungan mereka di Vietnam.

Semakin banyak negara Asia Tenggara yang tuntut pajak dari perusahaan tehnologi asing. Indonesia, Filipina, serta Thailand sudah lakukan hal itu.

Pemerintahan sah memikat Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) ke konsumen setia produk barang serta layanan digital import sejumlah 10 %.

Dua salah satunya, Netflix serta Spotify, jadi produk digital yang digemari warga di Indonesia. Netflix sendiri telah sesuaikan biaya berlangganan mereka.

“Seperti sudah diumumkan di medium, Pemerintahan Indonesia akan kenakan Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) pada service digital, terhitung Netflix, mulai 1 Agustus 2020 (hari ini),” kata jubir Netflix.

Mencuplik info sah Netflix, berikut ongkos abonemen baru yang telah dikenai pajak 10 %:

1. Paket Hp yang sebelumnya Rp 49 ribu jadi Rp 54 ribu/bulan

2. Paket Landasan yang sebelumnya Rp 109 ribu jadi Rp 120 ribu/bulan

3. Paket Standard yang sebelumnya Rp 139 ribu jadi Rp 153 ribu/bulan

4. Paket Premium yang sebelumnya Rp 169 ribu jadi Rp 186 ribu/bulan

Pemerintahan sudah sah memikat Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) ke konsumen setia produk barang serta layanan digital import. Jumlah PPN yang perlu dibayarkan ialah 10 % dari harga saat sebelum pajak.

Direktur Penerangan, Servis, serta Jalinan Warga DJP Hestu Yoga Cermat mengatakan, ada enam aktor usaha yang penuhi persyaratan selaku pemungut PPN atas barang serta layanan digital yang dipasarkan ke konsumen setia di Indonesia.

Enam aktor usaha yang sudah terima surat info tercatat serta nomor identitas perpajakan selaku pemungut PPN pada gelombang pertama ini ialah:

– Amazon Situs Serviss Inc.

– Google Asia Pacific Pte. Ltd.

– Google Ireland Ltd.

– Google LLC.

– Netflix International B.V., serta

– Spotify AB.

“Dengan pemilihan ini karena itu produk serta service digital yang dipasarkan oleh ke enam aktor usaha itu akan diambil Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) mulai 1 Agustus 2020,” terang ia seperti diambil dari info tercatat, Minggu (2/8/2020).

Jumlah PPN yang perlu dibayarkan konsumen ialah 10 % dari harga saat sebelum pajak, serta harus tercantum pada resi atau kwitansi yang diedarkan penjual selaku bukti ambil PPN.

PPN yang dibayar ke aktor usaha luar negeri atas pembelian barang atau layanan yang dipakai dalam aktivitas usaha bisa diklaim selaku pajak pemasukan oleh pebisnis terkena pajak.

Agar bisa mengkreditkan pajak pemasukan, pebisnis terkena pajak harus menginformasikan nama serta NPWP ke penjual untuk tercantum pada bukti ambil PPN supaya penuhi ketentuan selaku dokumen yang dipersamakan dengan faktur pajak.

Di tengah-tengah pergolakan bursa saham seminggu kemarin karena perang dagang AS-China, ada satu saham yang penjualannya masih bernafsu. Saham itu ialah saham Spotify, perusahaan perintis streaming musik yang sahamnya mulai diperjualbelikan sesudah 12 tahun saat sebelum…

error: Content is protected !!