PM Bahrain Khalifa bin Salman Meninggal, Sosok Kaya Raya yang Berkuasa Setengah Abad

Pemerintahan Bahrain umumkan kematian Pertama Menteri Khalifa bin Salman pada umur 84 tahun. PM Khalifa wafat di Amerika Serikat.

PM Khalifa bin Salman adalah perdana mentri dengan kedudukan terlama di dunia, yaitu 1/2 era. Dia duduk di bangku kekuasaan semenjak 1970. Saat sebelum jadi perdana mentri, dia aktif di bagian ekonomi.

Lahir di 24 November 1935, Khalifa bin Salman ialah putra ke-2 dari penguasa Bahrain: Salman bin Hamad Al Khalifa.

Menurut AP News, Rabu (11/11/2020), Khalifa bin Salman adalah figur kaya raya, dia bahkan juga punyai pulau individu untuk melayani tamu-tamunya.

Figur Khalifa bin Salman adalah angkatan tua (old guard) yang konvensional, dan memberi dana untuk beberapa orang yang memberikan dukungan keluarga Al Khalifa. Dampak Khalifa bin Salman tidak cuman dari sisi umur serta senioritas.

“Dia sebagai wakil pengetahuan sosial lama yang berakar di privilese kerajaan serta dilukiskan lewat kontribusi individual,” tutur Kristin Smith Diwan, senior resident scholar di Gulf States Institute.

Bahrain mendapatkan kemerdekaan dari Inggris pada 1971. Pangeran Khalifa lalu mendapatkan pekerjaan di bagian pemerintah serta ekonomi.

Bahrain alami perubahan cepat serta jadi pusat keuangan sampai pariwisata.

Kehidupan sosial di Bahrain tidak seketat di Arab Saudi, hingga orang barat bisa ke kelab malam serta beberapa pantai.

Tetapi, Pangeran Khalifa pernah terlilit masalah korupsi, diantaranya berkaitan perusahaan alumunium Alcoa. Dia diperhitungkan mengantongi dari hasil BUMN di Bahrain, seperti Bahrain Petroleum serta Alumnium Bahrain.

Protes pernah muncul karena sangkaan korupsi ini, Pada 2011, pengikut Syiah di Bahrain protes ke pemerintahan supaya PM Khalifa mundur.

Bekas Duta besar AS Ronald E. Neumann menyebutkan Khalifa bin Salman benar-benar korup, tapi membuat Bahrain kekinian.

“Saya yakin jika Sheikh Khalifa tidak semuanya dampak jelek,” tutur Neumann dalam bocoran nota WikiLeaks. “Walau benar-benar korup, dia membuat banyak Bahrain kekinian.”

Saat sebelum wafat, Khalifa bin Salman membuat penghargaan untuk dokter-dokter Bahrain. Penghargaan itu namanya Khalifa bin Salman Award for Bahraini Doctor.

Penghargaan itu mempunyai hadiah sejumlah 200 ribu dolar untuk menghargai dokter Bahrain dalam riset klinis, medis, serta penyembuhan.

Khalifa bin Salman Award for Bahraini Doctor mempunyai kelompok “Innovation and Creative Award in Therapeutic, Clinical and Medical Research Award”, dan ada pula “Extended Loyalty and Giving Award” untuk petugas klinis yang telah lama berbakti.

Disamping itu, ada pula Khalifa bin Salman Al Khalifa Award di bagian pengajara, wartawanme, serta pembangunan berkepanjangan.

Sesudah melakukan karantina sepanjang tiga hari semenjak datang di Jeddah, beberapa ratus jemaah Umroh asal Indonesia mulai melasanakan beribadah umroh pertama di periode wabah Corona. Pemerintahan Arab Saudi batasi unur jemaah yang melaknakan umroh.

error: Content is protected !!