Joe Biden Terpilih Jadi Presiden AS, Bagaimana Nasib Hubungan China dengan Amerika?

Dalam kampanyenya yang tidak berhasil untuk penyeleksian kembali lagi. Presiden donald trump berkali-kali mengingatkan jika kemenangan joe biden bisa menjadi kemenangan untuk china serta jika beijing akan “mempunyai amerika”.

Lepas dari retorika itu. Sedikit yang memperlihatkan jika beijing akan mendapati biden selaku pilihan yang halus untuk trump. Yang secara menegangkan mengganti cerita as untuk hadapi china pada tahun paling akhir kekuasaannya. Begitu seperti mencuplik situs kanal news asia. Selasa (10/11/2020).

Bahkan juga saat sebelum trump memegang. Pemerintah demokrat paling akhir presiden barack obama dan wakil presiden biden sudah secara berarti perkuat sikapnya pada china.

Sesudah usaha awalnya untuk menyertakan beijing. Pemerintah trump ambil langkah lebih jauh. Menggerakkan kembali lagi dengan paksa usaha china untuk menebarkan dampaknya secara global. Usaha itu juga memperoleh beberapa sanjungan sakit hati dari beberapa penasihat biden walau ada kampanye penyeleksian yang diperjuangkan dengan seru.

Medium pemerintahan china memberi suara percaya diri pada senin 9 november dalam editorial yang bereaksi pada kemenangan penyeleksian biden. Artikel itu menjelaskan jika jalinan ke-2 negara bisa dipulihkan ke kondisi yang semakin bisa diprediksikan serta bisa diawali dengan perdagangan.

Walau mengaku jika amerika serikat mustahil kurangi desakan pada china pada beberapa masalah seperti xinjiang serta hong kong. Media massa yang disokong pemerintahan. Global times. Menjelaskan beijing harus bekerja untuk berbicara dengan team biden selengkap kemungkinan.

Biden belum menguraikan taktik china secara detil. Tapi seluruh tanda-tanda memperlihatkan ia akan meneruskan pendekatan keras ke beijing.

Beberapa diplomat. Riset. Serta bekas petinggi yang memberi tahu kampanye biden menginginkan suara yang lebih terarah sesudah ada teror dari trump. Serta penekanan pada “kompetisi vital” dibanding konfrontasi langsung.

Walau demikian. Biden kadang mengambil langkah lebih jauh dibanding presiden umumnya dalam hal lemparkan gempuran ke china.

Ia menyebutkan presiden china xi jinping selaku “preman” serta janji untuk pimpin kampanye internasional untuk “mendesak. Menutup serta memberi hukuman china”. Kampanyenya menyebutkan perlakuan china pada muslim di xinjiang selaku “genosida” – satu cara lebih jauh dari peraturan sekarang ini. Dengan implementasi berarti bila pemilihan itu diformalkan.

“amerika serikat perlu berlaku keras pada china.” kata biden dalam satu artikel yang diedarkan di bulan maret saat wabah covid-19. Yang diawali di kota wuhan di china. Mulai berlangsung.

“langkah paling efisien untuk hadapi rintangan itu dengan membuat front persatuan dari sekutu serta partner as untuk hadapi sikap kejam china serta pelanggaran hak asasi manusia.”

Dalam kalimat yang serupa. Biden menulis mengenai usaha “untuk bekerja bersama dengan beijing dalam desas-desus di mana kebutuhan kita berjumpa. Seperti perombakan cuaca. Non-proliferasi serta keamanan kesehatan global”.

Menengahi arah-tujuan itu bisa menjadi rintangan khusus. Dengan kekuatan untuk memunculkan konflik di antara barisan garis keras serta pragmatis yang nampak dalam pemerintah trump.

“bakal ada pembicaraan besar.” kata seorang bekas petinggi senior pemerintah obama yang bekerja kuat dengan biden di masa lampau.

“anda akan menyaksikan beberapa orang di team biden yang akan menjelaskan china sebagai wakil teror metodeik untuk amerika serikat serta kami harus perlakukan mereka semacam itu. Serta bakal ada pragmatis yang menjelaskan: ‘kami ada di tengah-tengah wabah. Perombakan cuaca sedang percepat. Kita harus bekerja sama mereka. ‘”

Dalam soal perdagangan. Biden dilihat mustahil untuk turunkan biaya perintisnya atas beberapa barang dari china serta lain tempat dalam kurun waktu dekat.

“saya sudah dikasih tahu jika anda tutup mata. Anda kemungkinan tidak bisa membandingkan” di antara jadwal perdagangan biden serta trump. Kata nasim fussell. Bekas penasihat perdagangan partai republik di komite keuangan senat as.

“biden tidak cepat membedah beberapa biaya ini.”

Fokus ekonomi intinya ialah hidupkan kembali lagi ekonomi yang dirundung wabah virus corona. Hingga kesepakatan perdagangan peluang ada di fokus paling akhir untuk usaha stimulan serta pembangunan infrastruktur.

Habis keluar selaku juara pemilihan presiden as 2020. Joe biden berikan pidato kemenangan di delaware as hari sabtu (7/11). Dia juga berikan pesan spesial untuk beberapa simpatisan donald trump.

 

error: Content is protected !!