Berawal Tiru Budaya Hong Kong hingga Jadi Tren Asia, Begini Sejarah Industri K-Pop

Industri selingan korea selatan atau yang dekat disebutkan k-pop sekarang disukai warga dunia terhitung indonesia. Industri ini meliputi layar-lebar. Sinetron. Dan musik girlband atau boyband seperti blackpink serta bts. togel singapore hari ini

Dalam seminar-online bertema “a brief history of k-pop: the product of asian exchange” yang diadakan korean cultural center indonesia (kcci). Rabu (11/11/2020). Hojai jung. Seorang bekas wartawan dong-a ilbo. Yang pemerhati k-pop. Bercerita bagaimana industri selingan korea selatan bisa berkembang sampai jadi seperti saat ini.

Dia ungkap. Munculnya k-pop dikuasai budaya di luar korea.

“awalannya tahun 80-an. Korea selatan menyaksikan budaya hong kong yang paling bebas dan memikat. Hingga hal tersebut mengundang perhatian anak muda korea untuk mencintai bintang-bintang hong kong. Saat itu. Korea selatan pun tidak mempunyai idol sama seperti yang dipunyai hong kong.” paparnya.

Kecuali dikuasai hong kong. Korea selatan menyaksikan jika industri selingan jepang sudah berkembang serta dikatakan sebagai j-pop. Korea selatan pernah berusaha untuk mengikuti apa yang sudah diraih jepang. Tetapi eksperimen itu tidak berhasil sebab agen dalam negeri tidak bisa hasilkan idol yang bisa diterima pasar.

Pada 1980-an. Korea selatan hadapi dengan persoalan medium yang bertindak korupsi hingga industri selingan tidak bisa berkembang secara baik. Cuman beberapa idol spesifik yang bisa tampil di tv serta agar bisa semacam itu. Agen harus membayar beberapa uang ke medium itu.

Industri selingan korea selatan saat itu masih dipenuhi oleh acara import dari hong kong. Jepang. Dan amerika serikat hingga kekuatan dalam negeri kurang jadi perhatian.

Jung ikut menerangkan. Saat sebelum berlangsungnya kritis moneter pada 1997. Korea selatan tetap jadi negara yang tertutup untuk lakukan kerja rasio global di bagian industri selingan. Sejak melalui kritis itu. Berlangsung perombakan dalam politik serta budaya korea yang pada akhirnya memengaruhi industri selingan.

“korea selatan manfaatkan ketidakberhasilan menjadi peluang. Sesudah kritis moneter. Korea selatan buka diri untuk terima jalinan serta kerja sama dengan negara lain terhitung dalam industri selingan. Hingga budaya k-pop mulai tampil serta bisa berkembang untuk masuk di pasar global.” paparnya.

Sesudah industri k-pop tampil. Banyak agen baru lahir serta secara automatis tampilkan beberapa idol baru. Angkatan pertama k-pop ini diawali pada 1997 sampai 2004. Di periode berikut k-pop lakukan kiprah di dunia.

“pada angkatan pertama serta ke-2 . Beberapa idol korea hadapi dengan permasalahan yang tersangkut agen. Di mana mereka mendapatkan tuntutan yang keras serta dituntut bekerja oleh agen seperti budak. Sedang. Di angkatan ke-3 . Beberapa idol hadapi dengan kejadian penghinaan serta fitnah yang dikerjakan warga atau fans fanatik dari pesaing mereka.” tambah jung.

Tetapi. Persoal ini dapat di tangani pada angkatan ke-4 k-pop. Agensi-agensi sudah usaha membuat perlindungan idol mereka serta memberi hak idol seutuhnya.

Karena hal itu. Cukup banyak idol k-pop yang sukses mendunia. Seperti blackpink yang bisa bekerjasama dengan selena gomez atau bts yang pernah menempati tangga lagu billboard.

Jung menerangkan. Perubahan agen itu bisa diwujudkan sebab ada kemauan dari mereka untuk menyiapkan basis serta bekerja bersama dengan bermacam faksi. Usaha itu sudah berbuah hasil serta mengantar industri selingan korea bisa diterima dunia.

 

 

error: Content is protected !!