Berapa Lama Spesies Makhluk Hidup di Bumi Akan Punah? Ini Kata Ahli

Dalam 4.5 juta tahun. Paus biru yang agung menjadi penghuni lautan. Sesaat famili dekat sama manusia yakni neanderthal tidak begitu memperdulikan hal tersebut dalam beberapa ratus ribu tahun. Tetapi. Apa makhluk-makhluk itu adalah perwakilan dari spesies secara kesemuaannya?

Lalu berapakah lama spesies umumnya bisa bertahan saat sebelum mereka musnah?.

Dikutip dari livescience. Selasa (10/11/2020). Sebab penghancuran habitat. Perombakan cuaca. Serta bermacam factor yang lain. Tumbuhan serta hewan musnah dari planet ini bisa lebih cepat. Beberapa pakar menjelaskan kita ada dalam peristiwa ada kemusnahan massal ke enam. Tapi. Dalam masa riwayat di bumi yang semakin tenang hasilkan jawaban yang beragam. Itu bergantung pada macam spesies yang disaksikan.

Untuk mamalia. Spesies rerata hidupnya ada sepanjang 1 sampai 2 juta tahun. Menurut satu artikel dari jurnal people dan the planet. Tetapi tidak berlaku dalam masa geologi untuk semuanya mamalia. Pada zaman kenozoikum rerata ialah 3.21 juta tahun. Dengan mamalia yang semakin besar bisa bertahan semakin lama daripada mamalia yang lebih kecil. Menurut studi di tahun 2013 dari integrative zoology.

Tapi untuk spesies invertebrata waktunya lebih mengagumkan. Yakni rerata kehidupan di antara 5 sampai 10 juta tahun.

Bagaimana juga beberapa angka ini polemis. Beberapa pakar tidak menyepakati jumlah waktu rerata spesies dalam kelompok apa saja bertahan saat sebelum musnah. Pada catatan fosil yang mendokumentasikan kapan satu spesies tampil atau kapan musnahnya cuman tinggalkan kekeliruan. Karena keadaan harus prima untuk membuat satu fosil. Serta keadaan itu tidak selamanya ada waktu satu spesies tampil. Serta statistik usia panjang itu tidak begitu bermanfaat.

Pakar kemusnahan terpenting serta pakar ekologi pelestarian di sekolah lingkungan nicholas kampus duke. Stuart pimm menjelaskan bila dianya lebih senang pikirkan kemusnahan dalam berapakah jumlahnya spesies yang musnah pada tiap hari. Bulan. Atau tahunnya.

“lebih gampang untuk pikirkan hal dalam tingkat kematian. Khususnya sebab ada banyak spesies yang hidup benar-benar lama.” kata pimm.

“selanjutnya ada spesies yang lain berusia pendek. Serta rerata tidak begitu menolong sekitar yang anda anggap.” sambungnya.

Tingkat kematian pada spesies ini. Disebutkan tingkat kemusnahan background yang dipermasalahkan. Pimm tempatkan angka monumental ialah angka yang meliputi selama hidup. Tidak terhitung kemusnahan massal. Pada seputar satu spesies yang musnah per 1 juta spesies per tahunnya. Karena itu selaku perbandingannya. Ada seputar 8.7 juta spesies di planet ini. Menurut satu studi pada jurnal plos biology.

Tapi. Beberapa pakar lain memprediksi spesies itu akan mati. Umumnya dengan kecepatan 0.1 spesies per juta tahun. Serta masihlah ada dua spesies yang lain menurut artikel riset jurnal science advances. Tingkat kemusnahan sekarang ini semakin lebih tinggi daripada perkiraan mana saja dari masa lampau. Seputar 1.000 kali lebih beberapa dari prediksi tingkat kemusnahan background kata pimm.

Tetapi. Tidak seluruhnya orang menyepakati mengenai bagaimana kemusnahan spesies dipercepat saat ini. Kata tierra curry. Seorang periset senior dari center for biological diversity di oregon. Beberapa pakar memprediksi jika tingkat kemusnahan sekarang ini cuman seputar 100 kali bisa lebih cepat atau di lain sisi 10.000 kali bisa lebih cepat.

Beberapa fakta kenapa prediksi tingkat kemusnahan sekarang ini itu beragam.

“tingkat kemusnahan dilandasi pada beberapa spesies di bumi serta berapa cepat mereka musnah.” kata curry.

“serta tidak ada yang betul-betul mengenali jawabnya untuk waktu satu pertanyaan itu.” sambungnya. Seputar 90% spesies yang hidup itu ialah beberapa besarnya dari serangga. Lebih pimm.

Bila beberapa periset tidak mengenali jika satu spesies ada. Karena itu mereka tidak tahu jika spesies itu telah musnah. Kompleksitas yang lain ialah susah untuk mengenali kapan spesies itu mati. Karena hanya beberapa periset tidak menyaksikannya sepanjang tahun bukan bermakna mereka raib untuk selama-lamanya.

Penghitungan itu dapat bertambah lebih susah saat satu spesies musnah di alam liar. Tapi masih hidup di kebun binatang. Satu hal yang disetujui oleh beberapa pakar ialah tingkat kemusnahan kekinian itu begitu tinggi.

“spesies menyesuaikan secepat-cepatnya.” kata pimm. “tetapi. Pada akhirnya keberuntunganpun habis serta mereka tidak bisa menyesuaikan dengan lumayan cepat. Lalu mereka musnah.”

Penemuan fosil kepiting purba berumur 12 juta tahun di daerah pesisir canterbury. Selandia baru. Spesies kepiting ini ialah tumidocarcinus giganteus.

 

error: Content is protected !!